Selasa, 17 Maret 2020

Begini Cara Kepala Sekolah Terbaik Memimpin Perubahan di Sekolah

Salah satu contoh penerapan manajemen berbasis sekolah dan aplikasi dari materi profesi pendidikan.
Saat ini digunakan untuk diskusi kelas daring perkuliahan mata kuliah profesi kependidikan.




68 komentar:

  1. Nama : Ade Irma Ritonga
    Nim : 1191151004

    Menurut saya, kepala sekolah tersebut sangat profesional, karena telah berhasil membuat kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah menjadi lebih baik dan nyaman. Dan mebuat siswa menjadi lebih aktif tidak hanya guru nya saja. Sehingga kepala sekolah layak mendapatkan apresiasi.

    BalasHapus
  2. Nama saya Agita Br Sinurat
    Menurut saya, kepala sekolah SD tersebut sangat kreatif dan tanggap menangani permasalahan yang terlihat dimana siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga kepala sekolah tersebut mengajak para guru untuk memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif di banding guru sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan optimal. Strategi pembelajaran tersebut juga sangat baik menjadi contoh bagi para guru di sekolah tersebut maupun di sekolah yang lain.
    Sekian pendapat saya. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Selamat pagi bu. Saya chyntia vatica. s ingin berpendapat bu. Setelah saya melihat videonya saya bependapat bahwa kepala sekolah tersebut mampu manage program sekolahnya bu. Contohnya seperti: guru yang hanya menjelaskan didepan kelas dan murid mendengarkan, bsa di manage oleh kepala sekolah tersebut menjadi kelas yang hidup, maksudnya adalah guru dan murid sama sama aktif dalam proses pembelajaran seperti guru yang memecahkan masalah secara bersama sama. Kepala sekolah tersebut juga bisa merangkap sebagai manajer disekolah tersebut dengan melakukan perubahan perubahan yang fantastik. Jadi dapat dikatakan bahwa kepala sekolah tersebut adalah kepala sekolah yang professional. Sekian pendapat dari saya bu. Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Nama saya Yesy Vidia Sari Nainggolan, Menurut saya, metode pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik sudah baik. sehingga melatih dan mengajak para peserta didik untuk lebih aktif dari pada guru. tidak hanya itu, kepala sekolah tersebut juga menerapkan metode membaca sebelum memulai pembelajaran sehingga dapat terus melatih peserta didik dan dapat membuat guru sebagai fasilitator yang baik pula kepada peserta didik. tidak hanya itu, mereka juga melibatkan masyarakat dan orangtua dalam menjalankan proses ini. metode yang dirancang kepala sekolah ini sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan khususnya kognitif peserta didik, sehingga sudah selayaknya dia menjadi juara satu kepala sekolah terbaik dan bisa dikatakan profesional karena sudah menjalankan tugas tugasnya dengan baik pula.

    BalasHapus
  5. Nama saya Tri Hanna D.S.
    Pendapat saya mengenai vidio tersebut kepala sekolah membuat konsep belajar yang jadi lebih menyenangkan dan melibatkan para orang tua dalam proses pembelajaran. Namun saya beranggapan apa yang menyebabkan atau apa lendala kenapa sampai sekarang ini setiap sekolah belum menetapkan hal tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama saya Tri Hanna D.S. maaf bu, saya merevisi pertanyaan saya.
      Pendapat saya mengenai vidio tersebut kepala sekolah membuat konsep belajar yang jadi lebih menyenangkan dan melibatkan para orang tua dalam proses pembelajaran. Namun saya beranggapan apa yang menyebabkan atau apa lendala kenapa sampai sekarang ini setiap sekolah belum menerapkan hal tersebut.

      Hapus
  6. Nama : syahdika Zahra
    Nim : 1193351013

    Menurut saya, sistem pembelajaran yg menuntut siswa aktif dalam kelas sangat bagus karna membangun rasa percaya diri pada peserta didik namun tadi dalam video dipaparkan bahwa guru hanya menguploud foto karya siswa yg bagus, mungkin akan lebih jika guru memposting kegiatan pembelajaran kreatif itu dari awal dan juga mem foto semua hasil karya para peserta didik agar tidak ada hal yg menyimpang diantar siswa tersebut.

    Sekian, mungkin jika ada kata yg
    salah bisa diperbaiki atau ditambah kan dengan yg lain ?

    BalasHapus
  7. Nama saya Annisa Putri, dengan NIM 1193351002
    Menurut saya,kepala sekolah SD ini kreatif dan mampu menyelesaikan permasalahan dalam proses belajar mengajar peserta didik dengan tepat. Kepala sekolah ini termasuk guru yang profesional, memiliki kode etik yg mampu ia jalani. Kepala sekolah ini menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan optimal dengan cara membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran daripada guru. Dan membuat strategi pembelajaran yang bisa menjadi contoh untuk guru yg mengikuti strategi tersebut dengan baik. Terimakasih, wassalamualaikum

    BalasHapus
  8. Nama saya Inang Namora Ulfa
    Menurut saya, kepala sekolah nya sudah bisa memberikan yang terbaik untuk sekolahnya dan kepala sekolanya itu sudah profesional.
    Dia bisa menerapkan hal-hal yang baru yang membuat siswa siswa nya lebih aktif lagi, walaupun dengan bertahap naamun bisa membuah kan hasil yang memuaskan kan sehingga dari itu semua kepala sekolah tersebut bisa menjadi kepala sekolah berprestasi dan sekolahnya bisa menjadi panutan bagi sekolah sekolah yang lain.
    Sekian pendapat saya
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Nama: Putri Afiyah Salsabila
    NIM: 1193151008

    Menurut saya, Kepala Sekolah tersebut bermitra dengan Tanoto Foundation yang menyebabkan terjadinya banyak perubahan pada sekolah tersebut. Yang dimana itu adalah hal yang bagus dan memberikan kemajuan pada program yang ada disekolah.

    karena sebelumnya disekolah tersebut gurulah yang lebih aktif dan juga suasana belajar biasa biasa saja. Tapi setelahnya, siswa menjadi lebih aktif dan guru menjadi fasilitator. Ruangan kelas pun menjadi lebih menyenangkan. Dan melibatkan orangtua beserta masyarakat untuk menjalankan program sekolah tersebut.

    Hal ini yang menyebabkan kepala sekolah tersebut layak untuk mendapatkan penghargaan seperti yang ada di video.

    BalasHapus
  10. Nama saya Novi Ramadhani Arsanty
    Nim : 1191151002
    Menurut saya dari video yang sudah saya nonton, manajemen yang di lakukan kepala sekolahnya sudah sangat bagus dan benar cara melakukannya. Dan kepala sekolah tersebut sangat kreatif dalam memajukan sekolahnya agar lebih baik lagi. Kepala sekolah tersebut membuat siswa agar lebih aktif karena sebelumnya hanya guru yang aktif di kelas bukan siswanya maka dari itu kepala sekolah tersebut membuat program pembelajaran yang lebih baru agar siswa lebih aktif. Dan guru- guru juga sangat professional dalam membantu siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran agar lebih berinovasi.

    Sekian dari pendapat saya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya Novi Ramadhani Arsanty
      Saya akan menambah pendapat saya, dalam video tadi bukan hanya guru dan kepala sekolah saja yang membantu siswa untuk lebih aktif di kelas melainkan guru dan orang siswa bekerjasama sama hal membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

      Hapus
  11. Nama saya mayrisa khadijah harris dengan nim 1193351011. Menurut pendapat saya kepala sekolah tersebut sudah memberi perubahan dari yang pada awalnya guru hanya monoton di kelas dan berubah menjadi lebih aktif sehingga para peserta didik akan lebih termotivasi dalam belajar

    BalasHapus
  12. Nama saya Muna Cahya Indah Lestari , menurut tanggapan saya atas Vidio diatas kepala sekolah diatas membuat planning yang bagus dan teratur dalam penerapan disekolah. Guru sebagai fasilitator dan siswa yang aktif dan mempraktekkan langsung kepada siswa. Adanya praktik literasi yang sesuai apa yang disukai siswa dalam memilih buku sendiri, sehingga leterasi ini dapat dicontoh dari sekolah lain. Atas kerjasama sama kepada sekolah dan guru-guru dapat membuahkan hasil yang baik. Sesuai dengan kinerja guru kemampuan dan usaha guru untuk melaksanakan tugas pembelajaran sebaiknya dalam program pengajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

    BalasHapus
  13. Nama: M.Ichsan Rinaldi
    NIM : 1193151004

    Dari video tampak jelas perbedaan sekolah yang sebelum di manajemen dengan baik dan sesudah dimanajemen. menurut suwarno (dalam p. pangaribuan, 2006) menganalisis beberapa pandangan manajemen salah satunya manajemen sebagai suatu proses maksudnya kegiatan diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan secara maksimal sumber-sumber yang ada.
    Dalam pengelolaan sumber-sumber tersebut, kepala sekolah lah yang berperan. sumber dapat berupa dana, fasilitas sekolah dan lainnya. setelah mengikuti pelatihan, kepala sekolah pemantang siantar tersebut jadi tau bagaimana cara pengelolaan untuk sekolahnya, sehingga sekolah tersebut di atur ulang atau di manajemen ulang mulai dari proses belajar mengajar hingga sistem pembelajaran yang sesuai dengan peserta didiknya.
    Kepala sekolah tersebut sangat profesional dalam menjalankan tugasnya dapat dilihat dari tanggung jawabnya serta menguasai kompetensi pedagodik seperti mampu merancang pembelajaran yg efektif dan mengembangkan potensi peserta didik serta kompetensi lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya M. Ichsan Rinaldi

      Saya akan menambah jawaban saya, jadi bukan peran guru saja dalam membantu proses pembelajaran tetapi juga orang tua dan masyarakat. siswa itu harus diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya secara mandiri tetapi tetap dalam pengawasan jika salah di luruskan.

      Hapus
  14. Nama : diah lola pitaloka (1193351010)
    Menururt saya, kepala sekolah di sd pematang siantar sangatlah profesional dan pandai dalam mengatur manata kelas menjadi lebih baik lagi, dan guru serta kepala sekolah berkerja sama dalam menciptakan suasana kelas yang lebih bagus dan kreatif dan mereka lebih menekankan siswa yang aktif didalam kelas kebanding guru, dan guru berlomba-loma untuk menciptakan suasana kelas yang kreatif dan terus berlomba-lomba membuat anak lebih pinter dan kreatif dan guru selalu mengirim hasil siswa ke grup WA. Dan metode yang digunakan sudah cukup baik

    BalasHapus
  15. Nama saya nurul fitri hasibuan
    Dari hasil video tersebut saya dapat mengambil simpulan, bahwa untuk merekonstruksi, memperbaharui program pembelajaran kepala sekolah harus berani dan siap.
    Mengikuti banyak pelatihan dan bergabung dengan berbagai organisasi akan mematangkan potensi yang dimiliki guru, semakin banyak pengetahuan dan melatih diri untuk menjadi profesional dalam bekerja, menjadi seorang pemimpin (dalam hal ini kepala sekolah), harus bisa memimpin, mempengaruhi staff bawah untuk bekerja sesuai dengan instruksi, pada dasarnya berhasilnya sebuah program di dasari oleh pemimpinnya, apabila pemimpinnya mampu untuk mengimplementasikan, mampu mempengaruhi staff bawah untuk melakukan pekerjaan maka program pun akan tercapai, dan yang paling penting dalam video ini saya mendapatkan bahwa peran kepala sekolah sangatlah besar, andaikan kepala sekolah nya tidak kompeten pasti program pembaharuan tersebut tidak akan berjalan, dan tentu peran anggota staff juga sangat berarti.

    BalasHapus
  16. Nama : siti nur azmi
    Nim : 1191151005
    Pendapat saya tentang video tersebut, kepala sekolah bagus dalam membuat planning. Kepala sekolah juga membuat siswa aktif dalam belajar dan guru-gurunya sangat profesional.

    BalasHapus
  17. Nama :Yunita Anggraini Putri
    Nim :1193151009

    Menurut saya, kepala sekolah tersebut sudah bisa dikatakan profesional. Kepala sekolah sudah mampu/bisa membuat metode pembelajaran yang menyenangkan dan membuat seluruh orang yg terlibat dalam proses belajar mengajar menjadi aktif. Dimana anak SD biasanya akan mudah bosan, dengan adanya pembaharuan sistem yang telah dirubah oleh kepala sekolah mampu membuat situasi menjadi lebih efektif. Dan menurut saya kepala sekolah tersebut berhak mendapatkan penghargaan yang telah didapatinya.

    BalasHapus
  18. Nama : Putri marizka khairan
    Nim : 1193351007


    Setelah saya melihat vidio tersebut , menurut saya kepala sekolah dan guru tersebut bisa dikatakan profesional karna mereka bekerja sama membentuk perubahan perubahan baik dalam memajukan sekolah maupun dalam meningkatkan proses belajar mengajar kepada siswa.
    Karna kepala sekolah tersebut mengimplementasikan hasil pelatihan yang ia dapatkan dan menciptakan perubahan. Seharusnya kepala sekolah seperti pantas diberi apresiasi

    BalasHapus
  19. Nama : Deby Saphira
    Nim : 1191151001

    Berdasarkan video tersebut, saya berharap seluruh sekolah yang ada di Indonesia mengikuti program-program yang sama seperti di SD 122375 Pematang siantar. karna kepala sekolah tersebut telah mendapatkan penghargaan juara satu sebagai kepala sekolah berprestasi. Semua guru konsisten menerapkan pembelajaran aktif, siswa difasilitasi belajar menggunakan kemampuan berpikir, dan terdapat kegiatan membaca setiap hari. Orangtua juga terlibat aktif dalam mendukung peningkatan mutu sekolah. Dan hal tersebut dapat dijadikan panutan kepada setiap sekolah, tidak hanya sekolah SD saja, akan tetapi seluruh tingkatan pendidikan. Jika dulu sisitem belajar bersifat pasif, dimana guru hanya mengajar dan murid hanya mendengar. Maka sekarang berubah menjadi belajar mengajar aktif. Alhasil proses belajar menagajar jadi lebih hidup. diaman siswa menjadi aktif, pemerani, dan suka membaca. hal ini dapat memberikan dampak yang sangat baik pada generasi penerus bangsa.

    BalasHapus
  20. Nama: Marhama Armika
    Nim : 1193351005

    Hal yang dilakukan kepala sekolah itu baik karena dia telah menerapkan proses pembelajaran dengan hal yang lebih modern (millenial). Contohnya: beliau membuat grup wa untuk guru, sehingga guru dapat berbagi informasi.

    BalasHapus
  21. Nama saya hotmida sitohang
    Nim:1192151001
    Menurut saya dari video tersebut kepala sekolah sudah merangkap jadi manager sekali mampu mengatur manajemen pendidikan dengan baik dikarenakan sekolah tersebut dan kepala sekolah sebagai pimpinannya sangat terampil dalam mengolah sumberdaya dengan baik contohnya fasililator yang diberikan oleh Tanoto fondation dapat dikeoa dengan baik.

    BalasHapus
  22. Nama : Dina Meylani Lumban Tobing
    NIM : 1193151006
    dari video tersebut menurut saya kepala sekolahnya sudah menjadi manajer yang baik. Kepala sekolah tersebut mampu memanage semua program sekolah dengan baik. Tidak bekerja sendiri, ibu itu mampu bekerja sama dengan para guru,pegawai serta orang tua. Kepala sekolah tersebut membuat siswa menjadi lebih aktif di kelas. Mengubah tampilan kelas menjadi semenarik mungkin sehingga siswa tidak akan bosan menjalani proses belajarnya. Disini semangat belajar yang tinggi membuat siswa pun menjadi lebih aktif daripada guru. kepala sekolah tersebut sangat profesional dalam menjalankan tugasnya untuk memajukan sekolahnya

    BalasHapus
  23. Nama : Ratu Cantika Balqish
    Nim : 1193351004

    Menurut saya setalah melihat vidio tersebut yang dilakukan kepala sekolah SD tersebut sangat baik dan sudah profesional karena ia mampu membuat konsep pembelajaran yang sangat baik dan kreatif sehingga peserta didik mampu belajar dengan baik dan di cidio itu juga kepala sekolah menerapkan membaca sebelum pembelajaran dimulai selama 15 menit

    BalasHapus
  24. Nama saya defran tri cahyo
    Menurut saya kepala sekolah tersebut sudah sangat profesional. Dilihat dari ia turut berperan dalam proses pembelajaran. Yang dimana kewajiban kepala sekolah ialah mengajar selama 6jam dalam seminggu. Dan kepala sekolah tersebut juga berperan sebagai manajer, ia perduli dengan perubahan sistem belajar yang diterapkan disekolah nya.

    BalasHapus
  25. Nama : Tiara Syahfitri
    Nim : 1191151003

    menurut saya kepala sekolah tersebut sudah profesional karena sudah menerapkan pembelajaran yang menginovasi bagi semua guru - guru disekolah lain. Dengan adanya sistem pembelajaran tersebut dapat menjadikan motivasi di sekolah lain

    BalasHapus
  26. Nama crvi beta rani s

    Kepala sekolah tersebut merangkap sebagai seorang manajer di mana seorang manajer harus memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mempengaruhi, mengajak, menghimbau, mengarahkan, orang lain atau kelompok agar bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan pendidikan semula sekolah SD tersebut tidak sebaik yang sekarang dimana sekarang sekolah tersebut menjadi panutan bagi sekolah-sekolah lain dan kepala sekolah SD tersebut dapat penghargaan menjadi kepala sekolah terbaik titik kepala sekolah tersebut menjadi seorang manajer yang merangkap jabatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SD tersebut dengan mengembangkan profesionalisme dari guru dengan membahas segala macam masalah-masalah dan membuat budaya membaca dan bercerita Pada hari Kamis serta melibatkan orang tua di dalam proses pendidikan

    BalasHapus
  27. Nama:sindy aulia butar butar
    Nim:1192451003
    Menurut saya kepala sekolah tersebut sudah sangat profesional dan sangat bertanggung jawab dengan tugas tugasnya...dengan ini kepala sekolah tersebut bisa dijadikan panutan untuk kepala sekolah lain untuk terus bekerja dengan seharusnya dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dengan jabatan yang sudah di milikinya...

    BalasHapus
  28. Nama saya Annisa Yasmin
    Nim :1193151007

    Menurut saya kepala sekolah tersebut merangkap sebagai manajer Dan mampu membuat perubahan Yang cukup signifikan terhadap pembelajaran di sekolah tersebut.

    Sebelumnya mohon maaf buk terlambat mengirim pendapat. Saya mengirim pendapat dari Annisa Yasmin bu. Dikarenakan ada masalah dengan akun google Annisa Yasmin bu. Jadi Annisa Yasmin minta tolong ke saya untuk dikirim pendapatnya melalui akun saya bu. Ijin ya bu 🙏.

    BalasHapus
  29. Nama : Novia pratiwi adumyati marbun
    Nim :1193351008

    Menurut saya kepala sekolah itu sudah profesional karena sudah membuat hasil pembelajaran yang menyenangkan dan mampu membuat pembelajaran mudah diketahui

    BalasHapus
  30. Nama : Putri Juliani
    Nim : 1192151003

    Menurut pendapat saya setelah saya melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa Kepala sekolah tersebut menjalankan profesinya dengan baik dan Kepala sekolah tersebut dapat dikategorikan sebagai orang yang professional.

    Seperti yang terlihat sebelumnya sistem belajar mengajar masih monoton dan membosankan sehingga tidak dapat berkembang dengan baik. Namun setelah kepala sekolah tersebut bekerja sama dengan Tanoto Foundation maka kegiatan pembelajaran dapat diubah menjadi lebih baik lagi.

    Dilibatkannya orangtua dan masyarakat memberikan dampak positif daripada sebelumnya.

    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Nama : Susanna Tobing
    Nim : 1192451001

    Saya berpendapat bahwa manajemen pendidikan yang baik dapat ditemukan dari adanya pemimpin yang berusaha terus untuk mwningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah yang berperan sebagai pimpinan, juga harus ikut serta menciptakan metode - metode pembelajaran baru untuk menciptakan generasi yang memiliki daya pikir luas dan mengikuti perkembangan yang ada. Menjadi kepala sekolah terbaik juga dapat memotivasi sekolah lain untuk ikut serta mengembangkan pendidikan secara berkelanjutan untuk menghadirkan siswa siswi yang siap terjun menghadapi era perkembangan teknologi yang menuntut keaktifan setiap siswa dibidangnya.

    Saya mohon maaf bu saya terlambat, kuota internet saya habis. Sekali lagi mohon maaf bu.

    BalasHapus
  32. Nama : Aisyah Anggreni
    Nim : 1192171005
    Kelas : Pendidikan Masyarakat Reg B '19
    Menurut saya berdasarkan video yang diterterakan, dalam hal ini manajemen pendidikan yang ada terkhusus untuk manajemen kurikulum sudah berjalan dengan semestinya, karena adanya inovasi-inovasi dalam pengembangan kurikulum, ketika memang teacher centered tidak membawa perubahan, maka bagaimana caranya sekolah memanage dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan kepada inovasi baru yang lebih membawa dampak kepada kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, dengan cara menerapkan student centered dan lebih kepada keterampilan dan pengaplikasian (praktek). Ketika memang keadaan yang ada tidak sesuai, maka bagaimana caranya agar kegiatan belajar terlaksana guna mencapai tujuan dan hasil yang efektif dan efesien, maka adanya perencanaan untuk menciptakan sesuatu yang efesien, kemudian pelaksanaan, dilakukan pengawasan selama hal itu di laksanakan, kemudian di evaluasi, dan ketika di evaluasi teacher centered tidak mampu menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efesien guna mencapai tujuan, maka di evaluasi untuk menuju kepada student centered dan ternyata mampu mengembangkan keaktifan siswa terutama pada kerja kelompok. Dan adanya pengorganisasian kepada komponen-komponen yang terlibat dalam perkembangan siswa, untuk mencapai kerjasama yang menciptakan hasil yang efektikf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan menambahkan tanggapan saya
      Dan berarti dengan perubahan yang terjadi dan itu lebih efektif, maka terbukti bahwa manajemen pendidikan terkhusus manajemen kurikulum pada sekolah tersebut terlaksana dengan baik. Karena adanya perubahan ke arah yang lebih baik yang mendasari hal tersebut. Dan adanya kerjasama diantara komponen-komponen yang terlibat secara tidak langsung menyatakan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin mampu dalam memanage sekolahnya

      Hapus
  33. Menurut saya manajemen pendidikan itu tergantung pada Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin, pejuang, dan pelayan pendidikan di sekolah yang dipimpinnya tidaklah mudah. Hal tersebut akan sangat dipengaruhi oleh kompetensi, komitmen, tanggung jawab, mentalitas, kreativitas, dan jiwa wirausaha yang dimilikinya. Jadi kepala sekolah yang ada di video tersebut sudah melakukan tugas ny dengan baik dan kepala sekolah tersebut sudah dapat dikatakan sebagai seorang yang profesional sehingga ia mendapat penghargaan dari dinas pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:kristina br manullang
      Kelas: penmas reg B 2019
      Mohon maaf sebelumnya tidak melampirkan nama saya.

      Hapus
  34. Nama: apriyanti suratmi
    Nim: 1191171004

    Menurut saya kepala sekolah tersebut sudah dikatakan seseorang pendidik yang profesional dimana disekolah tersebut awalnya tidak berkembang dan kemudian beliau melakukan pelatihan-pelatiha bersama guru-guru lainnya untuk mengembangkan pembelajaran yang ada disekolah tersebut. Dan beliau juga bekerja sama kepada masyarakat untuk membantu pembelajaran siswa siswi agar berkembang.
    Kepala sekolah tersebut dapat menjadi contoh untuk guru-guru lainnya karena beliau memiliki pemikiran luas untuk mengembangkan pendidikan yang ada disekolahnya.

    BalasHapus
  35. Nama : Mariska Tifani
    Nim : 1192171007
    Menurut saya kepala sekolah Di pematang Siantar itu sudah bisa dikatakan Profesional karna beliau sudah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan disekolah yangbeliau pimpin. manajemen pendidikan itu adanya pemimpin yang berusaha untuk Meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan disekolah yang dia pimpin..
    Kepala sekolah tersebut sudah berhasil mengubah metode pembelajaran di sekolahnya yang tadinya pembelajaran disekolah nya masih mononton dan semenjak bergabung dengan Tanoto Foundation metode pembelajaran mereka sudah menjadi lebih menyenangkan yang tadinya guru yang aktif ketika pembelajaran berlangsung sekarang guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang menjadi aktif.. Dan mereka juga menyediakan pojok baca dalam setiap kelas dan menetapkan kamis cerita sehingga peserta didik tidak jenuh didalam proses pembelajaran disekolah.

    Sekian dan terimakasih..

    BalasHapus
  36. Nama : Nabila Abnulia Lubis
    Nim : 1193371010

    Menurut saya kepala sekolah tersebut adalah seorang pendidik sekaligus pemimpin yang profesional, dimana dia selalu Melakukan yang namanya perubahan , dari yang biasa saja dna mencoba menjadi yang lebih luar biasa.
    Disaat ada pelatihan dia selalu menerapkan hasil yang ia dapat dari pelatihan nya tersebut, sehingga sekolah nya yang dulu tidak berkembang lama kelamaan akan menjadi lebih baik.
    Dan seperti adanya pojok baca yang dikatakan nya membuat minat baca siswa menjadi meningkat.
    Jadi kesimpulannya kepala sekolah tersebut sudah menjalankan profesinya dengan profesional.

    Sekian dan Terimakasih

    BalasHapus
  37. Nama : Mei Rosmaria Simanjuntak
    Nim : 1193371003
    Selamat pagi bu, saya ingin memberikan tanggapan terhadap video yang telah ibu share.

    Adapun isi tanggapan saya adalah Menurut saya, kepala sekolah tersebut sangat memiliki jiwa kepemimpin yang baik sehingga beliau dapat menghandle ataupun memanage pendidikan disekolah sd tersebut dengan apapaun kekurangan proses belajar mengajar yang ada disekolah tersebut.
    Dan kepala sekolah tersebut aktif mempedulikan proses kegiatan belajar mengajar anak sd tersebut yang tadinya ruang lingkup termasuk minim menjadi lebih maksimal ketika kepala sekolah terbut bekerja sama dengan Tonato Foundation untuk melakukan perubahan belajar mengajar di sd tersebut.
    Contohnya siswa diberikan keluasan untuk lebih aktif, memberikan siswa dapat mampu berkreasi dalam sebuah kegiatan melalui pengalaman penerapan guru guru melalui pelatihan yg guru guru dapatkan.
    Dan dibeeikannya program belajar dilapangan bagi siswa siswi untuk berbagi cerita sehingga peserta didik dilatih untuk berani berbicara.
    Sekian pendapat saya mengenai video tersebut, terima kasih.

    BalasHapus
  38. Nama : Sasmita kalau
    Ni :1193371006
    Kelas :pendidikan masyarakat'19
    Setelah saya menonton Vidio ini manajemen pendidikan yang baik dapat ditemukan dari adanya pemimpin yang bermutu. Agar proses manajemen pendidikan yang ada disekolah berjalan bagaimana semestinya. Karena guru yang profesional dapat membangkitkan semangat siswanya untuk membuat yang terbaik.dan guru harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak muridnya seperti guru membuat literasi budaya baca agar siswa tersebut terbiasa dengan buku dan dapat memotivasi belajar dalam manajemen pendidikan. Guru dapat dikatakan profesional dalam memanajemen pendidikan yaitu guru yg mampu mendorong anak murid aktif dalam metode pembelajaran dan sehingga guru tersebut mendapat penghargaan dari dinas pendidikan.

    BalasHapus
  39. Nama : Nurhasanah
    Nim : 1192171002
    Menurut saya mengenai video ini Kepala sekolah sangat profesional dalam menjalankan tugasnya. Dimana kepala sekolah berusaha membuat siswa memiliki peran aktif di kelas dengan menjadikan guru hanya sebagai fasilitator. Hal ini di dapatkan dikarenakan kepala sekolah mengikuti tantono fondation, sehingga kini semua pengajaran tidak hanya guru yang berperan aktif dikelas. Dan keprofesionalan kepala sekolah ini dapat dilihat dari kerja kerasnya untuk membangun sekolah nya menjadi sekolah yang melakukan pengajaran dengan efektif lalu kepala sekolah juga sering melakukan pengaplikasian hal baru yang didapatnya dari beberapa sumber kepada peserta didiknya,hal ini dapat melatih perkembangan peserta didik itu sendiri. Satu hal yang harus diingat dari video ini mengajarkan bahwa tidak hanya guru(pendidik) yang wajib menjadi salah satu pembimbing dari kesuksesan atau pun perkembangan siswa maupun sekolah, tapi guru juga perlu peran masyarakat serta peran orang tua agar terjadi keselarasan antara pengajaran pendidik dengan pengajaran yang ada di luar, contohnya di masyarakat dan di keluarga. Sehingga dalam mewujudkan peserta didik yang mampu belajar efektif itu lebih mudah dan dapat terlaksana dengan baik.

    BalasHapus
  40. Nama : Nabila Abnulia Lubis
    Nim : 1193371010

    Menurut saya kepala sekolah tersebut adalah seorang pendidik sekaligus pemimpin yang profesional, dimana dia selalu Melakukan yang namanya perubahan , dari yang biasa saja dna mencoba menjadi yang lebih luar biasa.
    Disaat ada pelatihan dia selalu menerapkan hasil yang ia dapat dari pelatihan nya tersebut, sehingga sekolah nya yang dulu tidak berkembang lama kelamaan akan menjadi lebih baik.
    Dan seperti adanya pojok baca yang dikatakan nya membuat minat baca siswa menjadi meningkat.
    Jadi kesimpulannya kepala sekolah tersebut sudah menjalankan profesinya dengan profesional.

    Sekian dan Terimakasih

    BalasHapus
  41. [11.37, 18/3/2020] Dita Nurva: Nama saya Dita nurva amelia
    Nim : 1193371004
    Kelas : pendidikan masyarakat RegB 2019
    Menurut saya bedasarkan video yang saya tonton kepala sekolah merubah pembelajaran , guru sebagai fasilator dan anak didik lebih aktif, kepala sekolah sd tersebut sangat kreatif dan aktif untuk mengubah konsep pembelajaran yang lebih menyenangkan , membantu siswa siswi agar pembelajaran nya dapat berkembang luas , dan menjadi motivasi untuk sekolah sekolah yang lainnya.

    BalasHapus
  42. NAMA : MASNI KHAIRANI PULUNGAN
    NIM : 1192171004
    KELAS : PENMAS REG B 2019

    menurut saya manajemen pendidikan itu tergantung bagaimana cara seorang kepala sekolah memimpin dalam sebuah sekolah, dalam pendidikan guru disebut sebagai fasilitator, tetapi guru lebih semangat dibandingkan dengan para murid. dan seorang guru harus berusaha membuat proses pembelajaran berlangsung dengan efektif dan itu bukan hal yang mudah. dalam hal ini tersebut sangat dipengaruhi oleh kompetensi, komitmen, tanggung jawab, mentalitas, kreativitas dan jiwa yang tegas yang dimilikinya. jadi pembahasan yang di video tersebut adalah dimana seorang kepala sekolah yang merintis sekolah dari proses pembelajaran yang masih kurang memadai sehingga menjadi sekolah yang berkualitas, dan dalam video ini kepala sekolah mendapatkan penghargaan no 1 atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan kepala sekolah.

    BalasHapus
  43. Nama:charisma yani salam hasibuan
    Kelas:penmas reg b
    Menurut saya tentang video tersebut itu ialah Dikatakan profesi kependidikan itu tidak hanya harus dimilki kepada guru nya saja,akan tetapi kelapa sekolah disini di dalam video tersebut adanya kepedulian dan kesadaran pihak kepala sekolah yang tidak hanya guru saja.disini kepala sekolah sudah berupaya menjalankan sistem managemen pendidikan yang baik.bagi peserta didik disana.untuk menjadi pemimpin yang menjalankan keprofesian nya dengan baik beliau bekrja sma dwngan pihak guru- guru disana untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas.dan metode pembelajaran yang di terapkan sudah efisien dan menarik bagi siswa.

    BalasHapus
  44. nama : melyana margaretha br maanik
    nim : 1193371005

    setelah saya melihat video ini manajemen pendidikan yang di lakukan oleh kepala sekolah tersebut sudah profesional di karenakan kepala sekolah tersebut sudah menerapkan kode etik yang baik dan bijaksana berkat kepala sekolah dan guru- guru yang berada di ruang lingkup sekolah tersebut murid lebih di ajarkan untuk betapa pentingnya membaca padaa kalangan saat ini yang sudah mengikuti perkembangan modren berkat ide ini murid mungkin akan berkurang dalam mengabiskan waktunya dengan bermain gadjet di rumah karena kebiasan yang berada di sekolah akan tercermin di rumah dan sebaliknya seperti itu berkat kepala sekolah anak-anak yang berada di lingkup sekolah lebih di tantang untuk percaya diri seperti mengungkapkan isi apa yang telah di baca setelah literasi dan murid di ajak untuk berpikir kreatif dan berkat Tanoto Foundation sarana dan prasarana yang ada di sekolah menjadi lengkap dan yang tadinya kelas terlihat biasa menjadi menarik sehingga murid yang berada di sekolah semakin tertarik untuk membaca dan berpikir kreatif begitu juga dengan guru yang berada di sekolah karena program yang di buat oleh kepala sekolah guru dan siswa semakin dekat dan murid yang terlihat diam-diam saya di kelas semakin aktif dalam program ini

    BalasHapus
  45. Nama : Sara Oktavia Purba
    NIM :1191171003
    Menurut saya Kepala Sekolah tersebut sudah dapat dikatakan seorang pemimpin yang profesional. Kepala Sekolah tersebut langsung bergerak dengan cepat untuk membuat sekolah tersebut menjadi lebih baik lagi.Kepala sekolah berserta guru-guru tersebut bekerja sama untuk membentuk siswa-siswanya menjadi lebih aktif di dalam pembelajaran,karena pada dasarnya dulu hanya guru saja yang aktif pada saat pembelajaran berlangsung,maka dari itu Kepala sekolah tersebut langsung bergerak dengan cepat membuat sistem pemebelajaran yang baru agar siswa-siswanya aktif di dalam kelas dan agar siswa-siswanya tersebut tidak jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Dengan adanya sistem pembelajaran yang baru dapat mampu membuat situasi pembelajaran menjadi lebih efektif.Dan Kepala Sekolah tersebut dapat merubah perkembangan di sekolah tersebut dengan cepat. Sekolah tersebut juga menyediakan pojok baca,agar siswanya dapat membaca buku setiap hari di tempat tersebut.
    Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  46. Nama: Reni angraini hasibuan
    Nim: 1191171002
    Saya sangat setuju dengan kepala sekolah tersebut ia mampu menjadi kepala sekolah yg profesional dan mampu meningkat kan cara balajar seorang siswa dan mengembangkan generasi yg akan datang dan ini patut di contoh oleh tenaga pendidik lain nya

    BalasHapus
  47. Nama: Jihan Sunita
    Nim: 1193371008

    Menurut saya apa yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah menjadi profesional dengan manajemen pendidikan. Seperti yang kita ketahui bahwa manajemen pendidikan adalah suatu proses yang bermuatan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk melakukan kegiatan baik secara perorangan maupun bersama orang lain dalam mengkordinasi dan menggunakan segala sumber untuk mencapai tujuan secara profuktif, efisien dan efektif. Kepala Sekolah menjelaskan bahwa guru berusaha berlomba-lomba untuk membuat yang terbaik kepada muridnya, dan membuat siswa/siswnya menjadi lebih aktif lagi. dan kepala sekolah terus melakukan pengembangan kurikulum untuk memajukan sekolah nya. Serta berusaha dengan menyediakan sarana prasarana yang diperlukan sekolah selain itu kepala sekolah bisa saya katakan sudah profesional karna berusaha membuat masyarakat ikut terlibat dengan kegiatan di sekolah karna itu termasuk didalam ruang lingkup manajemen pendidikan

    BalasHapus
  48. Nama : Mei linda yanti gea
    Nim : 1192171011
    Dari vidio yang saya lihat diterapkan seorang kepala sekolah yang menjalankan tugasnya dengan baik dan menjalankan kode etiknya sebagai guru yang berprofesional sehingga peserra didik tersebut dapat berperan akgif dan tidak monoton dalam proses belajarnya. Di dalam vifio ini juga bukan hanya guru saja dan siswa yang berperan tetapi dilibatkannya orang tua siswa dan masyarakat sekitarnya....sekolah ini dapat di katakan sekolah yang terbaik di pematang siantar.
    Manajemen pendidikannya itu dapat menerapkan metode pembelajarannya dan meningkatkan mutu pendidikan di dalam sekolah tersebut.
    Sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  49. Nama : desni insani harefa
    Nim : 11921710
    Kelas: penmas reg B 2019

    Klo menurut saya manajemen pendidikan yang di lakukan di sd pematang siantantar sangat baik dan perlu di contoh kan ke sekolah yang lain kepala sekola dan gurunya profesional dalam membelajarkan siswa dan dalam melakukan manajemen pendididikan dimana manajemen pendidikan itu suatu proses pelaksanaan, penyusuna,pelaksanaan,dan pengawasan dalam mengelola dumber daya manusia, material, metode, waktu dan informadi sehingga tercapainya tujuan yg efektif dan efesien. Jadi kepala srkolah dan guru sudah melaksanakan manajrmen pendidikan mengubah metode yg dulunya siswa tidak aktif menjadi aktif, panjang ruangan biasa mrnjadi banyak panjangan yg indah dan guru berinovatif dalam hal itu, mereka mengimplikasikan apa yg mereka dapat di pelatihan dan mensare ke kelas lain hingga berlomba menjadi yang terbaik dan menjadi guru provesional dan menjalankan tugas sebagai pendidik yang baik yang semestinya.

    BalasHapus
  50. Nama : Esra Novela
    Nim : 1193371009

    Menurut pendapat saya tentang vidio kepemimpinan kepala sekolah dalam perubahan pemebelajara yang saya tonton ini dapat saya simpulkan bahwasnya kepala sekolah tersebut sangat berperan aktif dalam kemajuan sekolah yang di peimpinya tersebut,kepala sekolah mengajak dan mendorong guru-guru sebagai pasilitator dan mengimplementasikan kepada anak didik agar anak lebih aktif,dana kepala sekoalh tersebut membuat peningkatan tentang budaya baca supaya bertumbuh dan berkembang niat baca para anak-anak didik juga mengubah konsep pembelajaran yang lebih menyenangkan , membantu para siswa agar pembelajaran nya dapat berkembang lebi luas dan itulah menjadi motivasi untuk sekolah lainnya didaerah tersebut.

    BalasHapus
  51. Nama: Nurul Aulia Sukma
    Nim:1192171006
    Menurut saya setelah melihat video tersebut
    Bahwa kepala sekolah teesebut sudah menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Divideo tersebut guru berperan aktif. Kemudian guru juga mendorong siswa untuk membaca dengan membuat pojok baca dan membuat pengetahuan siswanya bertambah tidak hanya yang disampaikan oleh guru saja.
    Penataan ruang kelas pun menjadikan siswa lebih nyaman dan memudahkan proses pembelajaran.

    BalasHapus
  52. Nama : Irna Nursaidah Telaumbanua
    Nim : 1192171003

    Setelah melihat video saya dapat menyimpulkan bahwa kepala sekolah tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai orang yang profesional dalam pekerjaannya. Karena dia telah melakukan suatu rancangan dan menginovasi peningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya telah berhasil. Seorang pendidik juga dituntut untuk aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan yang ada disekolah mereka memotivasi para murid agar lebih kreatif dan aktif.

    BalasHapus
  53. Nama: nelly masnaria purba
    Nim : 1191113009
    Setelah saya melihat video ini saya dapat meenyimpulkan bahwa kepala sekolah ini sudah dapat dikategorikan sebagai guru yang profesional.karea beliau telah menjalankan tugasnya sebagai guru yang peofesional yaitu beliau lebih aktif daripada siswa, beliau juga telah mendorong siswa agar lebih aktif dengan adanya pojok baca yang telah di terapkan . Oleh karena itu siswa lebih mampu meningkatkan literasinya.

    BalasHapus
  54. Nama : Chayria Putri Pratami
    Nim : 1191113001
    Menurut saya setelah melihat video tersebut yaitu bahwasannya kepala sekolah di SD pematang siantar tersebut sudah menjalankan profesinya sebagai kepala sekolah yang profesional dimana dia sudah bisa mengajak para guru untuk menjadi guru yang profesional dengan cara mengubah sistem pembelajaran di sd tersebut dimana yang biasnya guru yang aktif kini diubah menjadi murid-muridnya yang lebih aktif dan kreatif gurunya hanya sebagai media fasilitator dalam pembelajaran, dan juga sekolah tersebut berhasil menerapkan literasi menjadi lebih baik dimana dimasing-masing kelas disediakan pojok baca, setiap kamis diadakan kegiatan bercerita, dan orang tua pun ikut sertakan dalam kegiatan literasi ini.

    BalasHapus
  55. Nurkhaliza
    1192113001

    Pendapat saya tentang video tersebut adalah menurut saya kepala sekolah tersebut sangat tanggap dalam mengatasi masalah yang ada di sekolah nya.
    Karena guru yang lebih aktif dari pada murid, lalu pajangan sekolah yang biasa saja. Lalu kepala sekolah tersebut mengizinkan ada nya pelatihan pelatihan pelatihan. Dari pelatihan pelatihan tersebut kepada sekolah bekerja sama oleh guru agar guru tersebut bisa menghidupkan suasana belajar di dalam kelas agar murid yg ada dalam kelas menjadi aktif saat proses pembelajaran. Lalu dari setiap pelatihan yang di dapat kan kepala sekolah selalu mengajak guru dan murid untuk membuat kerajinan kerajinan dan hasilnya akan di tempelkan didinding dan di share agar guru lain tau bahwa mereka punya karya yg indah. Lalu peran kepala sekolah disini bukan hanya bekerja sama oleh guru saja tetapi kepala sekolah disini juga bekerja sama dengan masyarakat dan orang tua murid untuk menghidupkan sekolah dan berperan aktif dalam meningkatkan budaya membaca terhadap anak.
    Dan dari sini kita bisa menyimpulkan bahwasannya berdirinya sekolah yang baik bagus ada kepala sekolah ,guru,murid,masyarak dan orang tua yang saling bekerja sama.
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  56. Nama : Putri Utami Br Sembirinh
    Nim. : 1193113043
    Setelah melihat video di atas saya beranggapan bahwa kepala sekolah di sekolah tersebut tanggap dan bisa memberikan inovasi yang dapat membuat pembelajaran di sekolah tersebut semakin baik. Serta kepala sekolah tersebut memiliki sifat kepemimpinan yang patut di contoh, dapat kita lihat seperti setelah kepala sekolah tersebut mendapatkan pelatihan dia langsung bisa mendapatkan ide ataupun inovasi pembelajaran seperti mendiskusikan kepada guru metode pembelajaran yang harus dilakukan yaitu seperti Guru sebagai fasilitator dimana murid lebih aktif daripada guru dan guru melaksanakan atau mempraktikan apa yang telah di beri tau oleh kepala sekokah tersebut tentang metode pembelajaran di kelas, mendirikan pojok baca agar siswa dapat membaca buku yang ia suka, sehingga dengan programnya itu ia telah menjadikan sekolah itu menjadi panutan pembelajaran di sekolah- sekolah lainnya yang ada di pematang siantar.
    Dari pernyataan yang telah saya berikan di atas saya menyimpulkan bahwa kepala sekolah tersebut sudah menjadi tenaga kependidikan yang profesional.

    BalasHapus
  57. Menurut pendapat saya, hal yang sudah diterapkan oleh kepala sekolah sangat lah bagus. Karena tampak perbedaan dimana sebelum dan sesudah. dimana kepala sekolah bukan hanya mengubah tatanan kelas saja namun mengubah sistem pengajaran dikelas. Menurut saya sistem pengajaran seperti ini layak untuk diterapkan oleh semua sekolah. Karena jika menerapkan sistem kelas dan pengajaran seperti ini siswa diajak aktif dan kreatif sehingga lebih memungkinkan anak dapat berimajinasi dengan baik. Sudah seharusnya semua sekolah menerapkan sistem seperti ini pada anak didik. Karena hal ini sangat memuaskan para guru, orang tua, bahkan anak didik. Kaitannya dengan profesi yaitu kepala sekolah pematang Siantar ini sudah menjadi guru yang profesional karena beliau bertanggung jawab dan beliau juga sudah melakukan tugas nya dengan sangat baik. Terimakasih 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya perkenalkan namasaya
      Irene Elfrida Gulo
      1193413001

      Hapus
  58. Perkenalkan nama saya nur hikmah
    Menurut saya kepala sekolah yang ada dividio ini sudah dikategorikan profesional. Dia telah membuat inovasi disekolahnyaa. Seperti, ruang baca pojok. Padahal dulu sekolahnya hanya biasa biasa saja tapi dengan dia bekerja sama dengan pondation sekolahnya menjadi lebih bagus. Dulu guru yang berperan aktif tapi sekarang malah murid yang didominasi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga muridnya tidah hanya menerima saja pembelajaran. . Dan dia juga membudayakan budaya baca kepada anak muridnya sehingga anak terbiasa dengan membaca.seperti sebelum pembelajaran di mulai murid di suruh membaca selama lima belas menit. Dia juga mengikut sertakan masyarakat sebagai pendorong anak untuk belajar.

    BalasHapus
  59. Baik Bu
    Nama saya yusanita sitanggang
    Yg bisa saya simpulkan dari Vidio tersebut yg dikaitkan dengan profesi kependidikan adalah bawah guru sangat berperan penting dalam proses terciptanya proses belajar yg baik dan dari Vidio tersebut kepala sekolah tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai orang yang profesional dalam pekerjaannya. Karena dia telah melakukan suatu rancangan dan menginovasi peningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya telah berhasil. Seorang pendidik juga dituntut untuk aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan yang ada disekolah mereka memotivasi para murid agar lebih kreatif dan aktif dan sekolah tersebut bisa menjadi panutan bagi sekolah lain.

    BalasHapus
  60. Nama saya Nurul Putri Harianti.
    NIM: 1191113008

    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut yaitu, kepala sekolah di SD tantono faoundation tersebut memiliki management pendidikan yang sangat bagus. Dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan keprofesionalisme para guru yang ada di sekolah, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi. Dimana siswa disekolah dibuat menjadi lebih aktif dari guru nya. Lalu, kepala sekolah juga berusaha menumbuh kembangkan minat baca para siswa di sekolah tersebut. Lantas semua usaha nya tercapai dengan baik tak hanya dengan usaha nya sendiri, namun peran penting orangtua, komite, dan masyarakat sangat lah berpengaruh dalam kemajuan sekolah.
    Kepala sekolah juga memenuhi sarana yang dapat membantu memajukan sekolah tersebut. Sekian pendapat dari saya, terimakasih....

    BalasHapus
  61. Perkenalkan nama saya nur hikmah ritonga
    Menurut saya kepala sekolah dalam vidio ini sudah dikategorikan profesional. Dulu sekolahnya hanya sekolah yang biasa biasa saja tetapi setelah dia bergabung dengan pondation sekolahnya udah lebih bagus. Dia menerapkan budaya membaca kepada anak sperti membuat pojok baca, dan mengharuskan sebelum memulai pelajaran harus membaca buku selama lima belas menit.
    Dan dia sering membuat diskusi dengan Guru guru lain untuk membahas bagaimana membuat anak lebih kreatif dalam belajar. Dalam belajar juga anak lebih didominasi untuk aktif dari pada guru

    BalasHapus

LIFE LONG LEARNING

Life long learning merupakan sebuah bentuk kesadaran akan adanya perkembangan zaman yang selalu berubah sehingga dibutuhkan inisiatif untu...